Mengkoneksikan visual basic 6.0 dengan acces 2003


Berikut di bawah ini adalah salah satu mata kuliah saya di semester 3 yaitu visual basic, dimana menggunakan Microsoft Office Acces sebagai media penyimpanan databasenya,  saya akan memposting tutorial ini ke blog saya siapa tau suatu saat saya lupa,he. . .  atau siapa tahu teman – teman ada yang membutuhkan..!!
Langsung saja menuju langkah-langkahnya, sebelumnya saya minta maaf soalnya kode – kodenya tidak bisa di copas karena berupa gambar..?

  • Yang pertama buat dulu databasenya dengan menggunakan Microsoft Office Acces 2003 dengan nama DB1
  • Jika anda menggunakan Microsoft Office Acces 2007 rubah Save As Typenya menjadi  Microsoft Office Acces Databases (2002-2003 format), lihat seperti gambit dibawah ini :

  •  Kemudian buat table dengan nama TB1 dan isikan field namenya seperti berikut :


 
  • Selanjutnya isikan data record nya minimaal 5 saja, jangan lupa simpan OK..!
  • Kalau sudah kemudian buka software Visual Basic nya, pada jendela New Project pilih Standart Exe


  • Langkah selanjutnya buat desain formnya seperti berikut :


Obyek
Properties
Pengaturan
Text Box
Textbox 1
Name
caption
Text1
Text1
Textbox 2
Name
caption
Text2
Text2
Text box3
Name
caption
Text3
Text3
Text box4
Name
caption
Text4
Text4
 Command
Button
CMDFIRST -> CMDNEXT -> CMDPREV -> CMDLAST -> CMDTUTUP
Adodc
Adodc1
name
Caption
Adodc1
Adodc1

  • Agar tool ADODB muncul pada toolbox anda pilih Project -> Components Ctrl + T
  • Kemudian cari dan centang Microsoft ADO Data Control 6.0 (OLEDB) kemudian tekan OK


  • Akan muncul tool seperti berikut pada toolbox anda :



  • Dan berikut adalah kode programnya :






0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa komentarnya..!!

Mengkoneksikan visual basic 6.0 dengan acces 2003